Deseminasi SAI satker wilayah pembayaran KPPN Klaten T.A. 2011

Suasana Deseminasi
Prambanan, kppnklaten.comDilatarbelakangi oleh keinginan yang kuat untuk meningkatkan kualitas Laporan keuangan satuan kerja yang akurat, handal dan tepat waktu, serta untuk evaluasi terhadap pelaksanaan SAI dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara s.d triwulan III TA 2011, KPPN Klaten pada tanggal 27 September 2011 dengan mengambil lokasi di Hotel Galuh Prambanan Kab. Klaten berinistiatif menyelenggarakan acara Deseminasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) bagi satker di wilayah pembayaran KPPN Klaten. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat menjadi sarana penyegaran bagi satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Klaten dalam memahami SAI serta membantu mereka mangatasi kesulitan dalam implementasinya.

Plh. Kepala KPPN bersama narasumber
Acara dibuka pada pukul 09.00 dengan pemateri Bapak Antonius Syamsu Nindya, SE, narasumber dari Kanwil XIII Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jateng yang menyampaikan tentang Strategi Penyusunan LKKL.Dengan penyampaian materi ini diharapkan meningkatkan motivasi satker dalam menyusun laporan keuangan mereka sesuai ketentuan yang berlaku. Pada sesi ini beliau juga menyampaikan beberapa permasalahan LKKL terkait audit BPK dan ditutup dengan langkah-langkah strategis untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Bila pada sesi awal pembahasan lebih konseptual maka pada materi berikutnya lebih aplikatif dan detail terhadap laporan keuangan yang dihasilkan satuan kerja, baik laporan keuangan yang merupakan output dari aplikasi SAKPA (Neraca, LRA dan CaLK) maupun yang berasal dari aplikasi SIMAK BMN. Materi bertema metode analisis terhadap laporan keuangan satker (UAKPA) dan telaah/ evaluasi terhadap pelaksanaan SAI serta permasalahan aplikasi SAKPA disampaikan pada sesi ini hingga makan siang dengan dipandu oleh Bapak Tiyok Subekti, SE, M.S.E dan ibu Woro Tri Wening Renggani, S.P. Cukup banyak permasalahan yang dapat digali khususnya tentang metode sinkronisasi antara Neraca dan LPJ Bendahara terkait penjurnalan kas / setara kas lainnya yang dapat bersumber dari kas lainnya yang berada di bendahara baik dari jasa giro, pendapatan/pajak yang belum disetor, pengembalian belanja yang belum disetor, uang pihak ketiga dsb. Disamping itu juga dibahas pula permasalahan terkait pencantuman asset di neraca SAKPA yang kadang masih belum sesuai ketentuan.

Senam otak dulu ah....
Pada sesi kedua setelah makan siang acara lebih difokuskan pada Review pelaksanaan SIMAK BMN dengan narasumber Bapak Eko Saptono, SE dari KPKNL Surakarta. Diharapkan dengan kombinasi evaluasi atas SAKPA dan SIMAK BMN, laporan keuangan yang dihasilkan oleh satuan kerja akan menjadi lebih berkualitas. Sebelum acara ditutup, pada sesi terakhir Ibu Nur Widhi Widyawati,S.E menyampaikan pemaparan dan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan LPJ Bendahara s.d. Triwulan III. Pada sesi ini juga dilakukan simulasi penyusunan LPJ Bendahara dengan pemberian contoh soal berupa data-data keuangan yang berasal dari pembukuan bendahara.
Tepat pada pukul 16.30 acara berakhir. Peluh dan rasa lelah panitia dan seluruh narasumber seolah-olah terbayar oleh tingkat antusiasme peserta deseminasi. Semoga acara ini menjadi salah satu milestone bagi peningkatakan kualitas laporan keuangan satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Klaten.
Great Team....
Go for WTP….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar